Selamat Datang Di Blogg Soleh Mansyur

Selamat Datang Di Blogg Soleh Mansyur

My Slide

Sabtu, 21 Mei 2011

Petunjuk Umum Guru Agama kelas X

PETUNJUK UMUM
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemadu dalam upaya mewujudkansuatu kehidupan yang bermakna, damai, bermartabat. Menyadari betapapentingnya agama bagi kehidupan umat manusia, internalisasi nilai-nilai agama dalamkehidupan sehari-hari menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkanuntuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencangku[p pengalaman, pemahaman, dan penanaman nilai keagamaan, serta pengalaman nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individualism ataupun kolektifkemasyarakatan. Peningkatanpotensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan kepada optimalisasi berbagai harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsure sekolah, orangtua siswa, dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMK/MAK bertujuan untuk hal-hal berikut.
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.
2. Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisansecara personal dan social, serta menge,bangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al-Quran dan Hadis
2. Akidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesame manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, serta hubungan manusaia dengan alam sekitarnya.
D. Pendekatan Pembelajaran
Cakupan materi padas etiap aspek dikembangkan dalam suasana pembelajran yang terpadu, meliputi hal-hal berikut.
1. Keimanan
2. Pengamalan
3. Pembiasaan
4. Rasional
5. Emosional
6. Fungsional
7. Keteladanan
E. Perangkat Pembelajaran
Perangkat pembelajran dalam proses kegiatan belajar mengajar meliputi hal-hal berikut
1. Buku paket Pendidikan Agama Islam untuk SMk kelas X terbitan PT Grafindo Media Pratama
2. Al-Quran dan Hadist dan terjemahnya
3. Buku Referensi lainnya
4. LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar